Scoliosis

Apa itu Skoliosis ?
Skoliosis adalah kondisi abnormal lekukan tulang belakang. Biasanya ditandai dengan meningginya sebelah tulang karena tulang yang berbentuk S.  Yang pasti, skoliosis diturunkan, biasanya skoliosis turunan itu udah ada dari masa kanak kanak..Dan ternyata, anak perempuan lebih sering terkena ketimbang anak laki-laki.

Biasanya, skoliosis terlihat nyata untuk pertama kalinya di masa remaja (saat percepatan pertumbuhan). Pertumbuhan memang merupakan faktor risiko terbesar terhadap memburuknya pembengkokan tulang punggung.

Faktor risiko lain yang bisa memperburuk skoliosis adalah:


  • Jenis kelamin. Lengkung pada anak perempuan cenderung memburuk ketimbang anak laki-laki.
  • Usia. Semakin muda usia munculnya skoliosis, semakin besar kemungkinan menjadi lebih parah.
  • Sudut kurva. Semakin besar sudut, semakin besar kemungkinan akan memburuk.
  • Lokasi. Skoliosis di bagian tengah atau bawah tulang punggung lebih kecil kemungkinannya menjadi buruk ketimbang skoliosis di bagian atas.

kalo ciri ciri penderita scoliosis sih yang pasti :
-terkadang tulang belakang pegal sebelah
-bahu tidak sama tinggi
-kaki terkadang panjang sebelah
-pinggul sering pegal

Faktor penyebab scoliosis biasanya karena keturunan orang tua, ada juga karena terjatuh atau terlalu sering bawa barang berat di sebalah pundak, tapi nyatanya skoliosis yang diturunkan lebih memburuk karena derajat kebengkokannya sering bertambah seiiring tanpa disadari.

Tingkat keparahan scoliosis tergantung seberapa besar derajatnya, semakin besar semakin bahaya dan butuh tindakan operasi , karena tulang yang bengkok akan berbentuk huruf S dan lama lama akan menjepit sistem saraf tulang belakang, paru paru, atau jantung.

pada berbagai kasus biasanya penderita scoliosis yang derajat nya masih dibawa 60 derajat akan menggunakan brace , biasanya brace itu bikin sesek, gatel, susah napas, sakit, gerah dll. tapi kalo rajin pake insyaallah derajat nya bisa berkurang  tapi kalo yang derajat nya udah parah mau gak mau ya harus dioperasi, operasi sendiri pun itu tulang yg bengkok diluruskan pake pen, risikonya pun besar, karena ini adalah operasi besar , risiko paling parah adanya kelumpuhan. Tapi dengan dilengkapi alat kedokteran canggih masa kini insyaallah resiko bisa diperkecil. Nah biasanya setelah operasi pasien masih belom boleh membawa barang berat, dan sangat dianjurkan untuk hati hati karena bahaya banget kalo sampe terjatuh -__-

olahraga yang diwajibkan untuk penderita penyakit ini biasanya sih renang, karena renang bagus banget untuk membantu meluruskan tulang , dan penderita yang derajatnya sudah parah biasanya banyak yang mengeluh sesak nafas karena tulang nya udah menjepit paru paru, makanya renang sangat membantu untuk mengatasi keluhan tersebut, ada pula stretching atau yoga juga bisa.

kalo ingin mendeteksi scoliosis biasanya coba dengan cara bungkukkan badan ke depan seperti posisi rukuk , terus raba punggung ada yang besar sebelah enggak, kalo ada coba periksain ke dokter mungkin aja scoliosis karena penyakit ini kalo terlambat ditangani akan semakin parah derajat nya


thank god, I scolioser and I am proud to have been cured ;) 
informasi artikel dikutif dari berbagai sumber

Komentar