Yes I am a Scolioser #part1

Untuk mengawali kembali nya diriku setelah 6 tahun menghilang dari dunia per blog an. 
let me share one story that has change my life forever. 

Di post an sebelumnya aku pernah bercerita tentang suatu penyakit yang namanya scoliosis
Tapi aku ga pernah cerita mengenai kehidupanku sebagai seorang scolioser.

Yes with a proud im telling you im a scolioser

Buat yang masih belom tau, sciolosis itu adalah penyakit dimana ketidak normalan keadaan tulang belakang miring sebelah atau berbentuk S. Penyakit ini macam macam penyebabnya, bisa jadi karena beban terlalu berat sebelah atau emang karena keturunan. Yah untuk kasus ku murni karena keturunan.

Okay lets the story begin.......

Cerita berawal sekitar tahun 2005 dimana giovanni karilla ayu masih merupakan anak kelas 5 SD yang gigi nya masih tongos dan badannya super kurus (eww i dont need to show you how ugly i am back then, yah walaupun sekarang still ugly haha) Ive been told kalo berat ku dari umur 5 tahun sampe 10 tahun ga pernah lebih dari 15 kg

Alangkah tidak masuk akalnya?? 

Ia ga masuk akal. 

tapi emang badan ku sekurus itu. Sampe orang tua ku keliling dokter sana sini tapi ga ketemu penyakit kenapa badan ku bisa super duper kurus. Sampe beberapa dokter bilang kalo kemungkinan diriku ini kurang gizi.

Dan sampe akhir nya suatu malam aku ngerasain sakit yang teramat sangat di punggung sebelah kanan. sesakit itu sampe ga bisa tidur. loh masih ingat yu?

oh jelas.

orang rasa sakit nya still remain sampe sekarang. Dan rasa sakit nya itu datengnya kayak tahu bulat, dadakan aja, ntar ada ntar hilang, suka suka dialah menyakiti diri ini. 

Dan bukan cuma rasa sakit yang dateng, tapi mulai ada perubahan aneh dari punggung belakangku, yang dimana perubahan fisik ku ini sungguh terlihat ga nyaman untuk perempuan yang berumur 10 tahun. Tiba tiba punggung ku ketarik aja ke belakang, dan bahu ku mulai keliatan ga rata. Pinggangku naik sebelah. Dan dada ku jadi rata
((oke ini emang rata karena masih 10 tahun))
((intermezzo aja biar lucu))


Ini keadaan tulang yang menjepit organ lain di badanku

Pokoknya rasanya bener bener ga nyaman. Sampe akhirnya di bawa lah aku check up ke dokter tulang di Palembang. Nama dokter nya Dr. Rendra Leonas  Singkat cerita dari situ ketahuan lah, kalo perubahan aneh pada badan ku ini dikarenakan aku mengidap scoliosis.



Setelah ronsen seluruh badan dokter Rendra bilang aku kena scoliosis yang derajat kemiringannya bukan cuma di satu sisi atau miring sebelah, tapi curva sciolosis ku berbentuk S.Yang dimana di tulang atas derajat kemiringannya sekitar 50 derajat dan tulang yang bawah 70 derajat.


Intinya, karena tulang ku miring kesana sini, jadi nya menganggu sistem kerja tubuh yang lain. Menjepit paru paru lah, menjepit jantung lah, menganggu sistem pencernaan lah, dan yang terburuk adalah merusak syaraf tulang belakangku. 



Kalo kalian mau tau reaksi pertama ku ketika tahu aku kena scoliosis dengan kemiringan huruf S yang tingkat kebahayaan nya seru sekali ini: 

dengan bodohnya aku malah bahagia.

bahagia karena bukan kurang gizi.
bahagia karena berat badan ku suatu hari nanti bisa lebih dari 15 kg.
bahagia karena kenyataan bahwa badan ku kurus karena sistem pencernaan ku terganggu.
bahagia karena penyakit ku ini disebabkan oleh keisengan tulang yang pengen menjadi huruf S ketimbang huruf I nunduk sedikit.

Dikarenakan kebanyakan nonton sinetron, Ayu yang berumur 10 tahun tersebut bernapas lega karena penyakit nya setidaknya bukan kanker atau tumor ganas, she really have no idea kalo penyakit scoliosis akan merubah kehidupannya. Dan juga hidup orang disekitarnya.

Uhuy kayak drama aja....

but that is it, my life tu udah kayak drama sebenernya.

lanjut balik ke cerita, dikarenakan drajat kemiringan ku ini udah terbilang parah, jadi disarankan dokter Rendra untuk segera operasi. Operasi ini termasuk operasi berat, mereka bilang supaya tulang ku bisa lurus kembali, tulang ku akan dipasang pen atau mur besi dari tengkuk sampe ke tulang ekor. aduh.... bayangin nya aja udah ngilu pada waktu itu, dan lagi beliau bilang, kalo pen nya ini harus di buka satu tahun sekali. Dikarenakan waktu itu aku masih diumur yang jauh dari pubertas. Maka orangtua ku memilih untuk tidak mengoperasi dan mencari jalan keluar lain. Dokter Rendra menyetujui dan merekomendasikan kami dokter di jakarta, dan juga menyarankan untuk memakai Brace.

Bisa dibilang mengenakan brace adalah moment yang paling ga akan pernah mau aku ulang dalam hidup. Rasanya pake brace.... bener bener ga nyaman. Brace ini bentuknya mengikuti bagian tubuhku, dan harus dipakai selama 22 jam. Yang aku ingat 2 jam sisanya itu dipake untuk mandi dan sekedar garuk garuk kalo gatal. GATELNYA ITU SUBHANALLAH. ga bisa bilang lah rasanya menderita pake brace itu gimana. pake brace itu panas, gatel, gelisah, ga bisa nunduk, ga bisa duduk di lantai. pokoknya badan jadi kaku. kayak robot.

Selain pake brace, aku juga menjalani terapi, terapi nya ini macem macem, Seingetku selama 2 tahun aku ikut chiropractic di darmawangsa. selain itu juga ke klinik tong reng tang di menteng. sampe beli jco theraphy bed untuk di pake di rumah. aku juga ikut kelas renang, ikut kelas senam bola, senam ayam, senam ini senam itu dan memakai alat alat yang bentuknya ga pernah aku lihat.
((Sebenernya sayang ga ada potonya, tapi alat alat aneh itu bener bener ada, alat yang narik narik tulang ku dari leher sampe kaki))

Untuk menghindari operasi, orangtuaku melakukan semua cara yang mereka bisa. Mereka berdua lah yang inisiatif dan semangat cari referensi terapi sana sini, Bisa kehitung jari dalam sebulan berapa kali aku masuk sekolah karena harus keluar kota untuk ikut terapi. Ga cuma terapi, sampe dibawa ke pakde pakde orang pintar dengan pengobatan badan belakang dibalur balurin ramuan panas supaya tulang sendiri lurus ((yang aku sendiri sampe sekarang ga ngerti hubungan dan faedahnya apa)) pun aku pernah.

Karena itu ga ada alasan untuk males malesan.
Ga ada alasan untuk kalah dari penyakit.
Dan ga ada alasan untuk malu sama keadaan.

Di umur 10 tahun, aku melihat semangat orang tua ku supaya anak nya sembuh, menyadarkan aku kalo aku ga sendiri. Menyadarkan aku kalo aku harus bisa.

Dan semua itu baru awal dari perjuangan menghadapi scoliosis ini.


Komentar