Orang yang gagal adalah orang yang berhenti berusaha #part3

Setelah melewati operasi lebih dari 7 jam, akhirnya aku dibawa ke ICU untuk pemulihan pasca operasi. Aku masih ingat hal pertama yang aku bilang saat sadar adalah:

"mana mama?" 

bukannya umum yah, kalo kita habis menghadapi hal yang berat, yang pertama kali di cari yah orangtua. setelah itu baru tanya "mana noel?" hehe noel ini guling kesayanganku dari kecil. terus habis bertanya merajuklah papa karena ga dicari. ga kok, mencari mama itu udah sepaket sama mencari papa. Karena ketika mama dateng ga mungkin ga ada papa nya. Oke ini penjelasan ga penting. 

Kalo misal di tanya hal pertama yang aku lakukan setelah mencari mama dan papa, waktu itu aku bener bener pengen minum. Ga tau kenapa rasanya haus banget. Tapi karena orangtua ku ga bisa setiap saat masuk ke ICU. Aku pikir aku bisa ngelakuin apa apa sendiri. Aku ngeliat ada cangkir minum di sebelah meja sebelah kanan kasurku and i tried to reach it by myself.

But what I feel was sore, pain, and hurt. I cant feeling my feet. I cant even lift my hand. 
And my back was feeling so numb.

Panik.

Sumpah sepanik itu.

Karena panik, monitor yang ada di bilik ruanganku bunyi bunyi. Dan ketika suster datang aku bilang aku ga bisa gerakin badanku sendiri. Suster bilang aku masih dalam tahap recovery. Operasi ku berat sehingga aku harus pemulihan. Aku minta orangtua ku untuk masuk ke dalam. Aku ga ngerti, aku butuh penjelasan (eaaa)  dan aku kesepian. Akhirnya hanya mama yang boleh masuk. Mama bilang kalo aku butuh istirahat dan akan ngejelasin semua tindakan pasca operasi kalo aku udah baikan dan diizinkan pindah ke kamar rawat inap. 

Sejujurnya aku ga betah stay 3 hari di ICU. Aku masih ingat, suatu malem dimana pasien di depan ku kritis sakratul maut, aku ga tau dia sakit apa, tapi aku masih ingat dia teriak teriak minta tolong dan satu keluarga nya yang di ICU nangis nangis histeris minta tolong suster. Mungkin karena panik, suster lupa nutup tirai di bilik ruanganku, sehingga mau ga mau aku ngeliat dia yang menjerit jerit kesakitan itu. Uh sampe sekarang ga pernah lupa....... 

Lalu setelah 3 hari berlalu akhirnya kembali lah ke kamar rawat inap ku yang alhamdulillah berada di satu lantai dengan lantai ICU. Waktu pertama kali kasur nya di geser. Allahuakbar rasa sakit nya. Ya allah sakit bener bener sakit. Setiap pergerakan dari kasur itu sakit. Badanku ga bisa digerakin dan semua goncangan bener bener sakit. 


Dan saat itu aku tersadar, kalo ternyata operasi ini ga main main. 
Aku sadar apa arti dari tangisan orang tua ku.
Aku sadar alasan kenapa mereka mati matian menghindari operasi ini. 

Karena ternyata yang berat itu bukan operasi nya. Tapi pemulihannya.
Kasih tau dilan.

Besok nya Dr Luthfi datang, beliau menjelaskan mulai dari sekarang aku harus belajar semua dari awal. Aku bakalan fisioterapi untuk latihan duduk, llatihan jalan, latihan menggerakan tangan, latihan keseimbangan. Intinya mengulang dari awal seperti baru lahir. 


Disaat anak anak usia ku belajar untuk lebih pintar, aku belajar untuk bisa hidup dengan normal.

Karena badan ga bisa bergerak, aku menggunakan pampers dan karteter untuk masalah toilet. Aku bener bener ga bisa ngapa ngapain selain tidur. Karena rasa sakit tubuh di bagian belakang, untuk ngomong pun aku ga sanggup. Setiap ngomong entah kenapa badan ku ikut bergetar dan itu ngebuat tulang ku ngilu. 

Fisioterapi pertama yang aku lakukan adalah belajar untuk berbaring menghadap kanan dan menghadap kiri. Cara nya adalah membalikan badan ku ke kanan/kiri dan disangga dengan guling dibelakang setiap 30 menit sekali. Sampai aku merasa terbiasa. Lalu selain itu belajar mengangkat tangan, mengepalkan tangan dan hal hal dasar yang masih bisa aku lakukan di atas kasur.


hasil rontgen setelah dipasang Pen


Langkah selanjutnya adalah melatih keseimbangan. Progress ku sangat lambat di bagian ini. Pertama latihan duduk dilakukan di kasur rumah sakit. Dan aku ga bisa bertahan lebih dari 2 menit. Karena setiap duduk kepala ku berkunang kunang dan telingaku berdengung. Butuh waktu 1 minggu untuk bisa sampai di tahap duduk di kursi roda. Untuk merubah suasana, fisioterapi keseimbangan dilakukan di ruang fisioterapi lantai 1 rumah sakit.


Aku selalu dijemput dengan kursi roda dan sangat menanti waktu untuk fisioterapi di luar. Karena aku bisa melihat dunia luar setelah hampir 2 minggu terkurung di kamar. Setidaknya alasan itu bisa buat aku semangat untuk menjalani fisioterapi. 


Lalu latihan yang paling berat adalah latihan berjalan. Tiap tapak langkah bener bener membawa rasa sakit yang sangat di tulang bagian belakang. Aku ga sanggup jalan. Duduk aja lelah.




Hidupku ga selamanya ada positif nya. Perjuangan ga selamanya mulus mulus aja, pasti ada batu kerikil di setiap langkahku, dan masalahku adalah bisa dibilang aku merupakan anak yang super duper gengsian. Aku sungkan untuk minta tolong. Aku malu bergantung dengan orang lain.
Aku lelah sama keadaan yang bergantung dengan orang lain.

Aku ga mau liat kaca, karena aku ga sanggup liat betapa kecil nya kaki ku di kaca karena ga pernah aku pake jalan. 
Aku ga mau baca buku karena aku males mengangkat tangan ku untuk latihan keseimbangan tangan.
Aku ga mau bicara karena males ngerasain sakit di setiap pen tubuh ku. 
Aku menolak terapi dan bohong bilang kalo aku ga sanggup duduk lama lama.

Intinya aku berhenti berusaha.

Aku kangen sekolah, aku kangen kehidupan ku yang dulu. Rumah sakit terasa sepi karena keluarga ku kembali ke Palembang. Semua menjalani hidup seperti biasa. Aku merasa di tinggal sendiri. Aku merasa kesepian. Aku merasa orangtua ku ga ngerti perasaanku. Aku merasa lelah berusaha.....

Dulu teknologi ga secanggih sekarang, ga ada social media tempat ku untuk berbagi, dan ga ada game canggih yang menghibur supaya aku ga bosan. Yang aku lakukan cuma tidur sambil nonton Hanna Montanah di Disney Channel. Aku ga punya sahabat untuk cerita. Dan aku ga berani bilang ke orang tua ku apa yang kurasakan. Semenjak itu perasaanku jadi lebih sensitif dari sebelumnya.

Mama papa ngebiarin sifat egois ku ini selama kurang lebih dari 1 minggu. Sampai akhirnya aku menolak untuk latihan jalan ke toilet, dan lebih memilih pake pispot. Aku juga ga mau sikat gigi di toilet dan mau nya sikat gigi di kasur aja pake gayung. 

Pada hari itu, mama ku marah besar.

Bisa dibilang mamaku adalah orang yang sangat lembut hatinya. Berbeda sama papa yang ceplas ceplos dan cerewet, mama ku ini agak pendiam. Dan pencemas luar biasa. Beliau ini bisa dibilang kebalikan dari aku yang 100% mirip papa. 

Mama ku yang seperti itu, malah marah besar.

She told me everything about her felt. She said im the strongest person that she ever know. 
She said she learned a lot of thing from me. But now she was disappointed. 

Mama fikir 1 minggu cukup untuk beristirahat, bukan untuk berputus asa. Dan aku pun menumpahkan semua galau gundah ku. Aku bilang aku merasa worthless, useless, dan hampa.

Mama bilang, orang yang gagal justru adalah orang yang berhenti berusaha. 

Lelah boleh tapi berhenti jangan. Aku sudah sampai sejauh ini, ga bisa berhenti karena putus asa. Setelah curhat semua ke mama, aku merasa beban di pundak sedikit berkurang. Besok nya papa ku dateng dari Palembang dengan kakak ku Banggik dan adik perempuan ku Adis, Lagi dan lagi, masalah ku selesai dengan membicarakan nya. 

Setelah bicara ke mama, aku sekali lagi mulai percaya diri. Aku malu karena pernah berpikir untuk nyerah. Aku tiba tiba sadar ternyata aku jauh dari tuhan. Aku sibuk ngeluh tanpa bersyukur. Aku sibuk merasa paling menderita, tapi ga pernah ngelihat apa yang sudah Allah berikan kepadaku sampai detik ini. Dan akhirnya aku pengen latihan solat duduk. Aku pengen ke toilet dengan kaki ku sendiri. Dan aku pengen melangkah ke fisioterapi lantai 1 rumah sakit dengan kaki ku sendiri, bukan dengan kursi roda. 

Oom ku dan tante ku yang sering kupanggil Bunda serta sepupu ku yang di Jakarta sering menyempatkan untuk datang. Mereka sering beliin komik kesukaanku. Katanya biar jadi motivasi untuk latihan keseimbangan tangan. Bahkan sepupu ku sering minjemin laptopnya supaya aku bisa main the sims dan ga bosen buku buku bacaan aja.

Selain itu, papa dan mama yang sebenernya harus kerja, rajin gantian bolak balik Jakarta Palembang supaya aku ga kesepian. Banggik dan Adis yang masih sekolah pun selalu menyempatkan datang ke Jakarta ketika weekend tiba. 

Hal itu membuatku sadar,
Terlalu banyak hal yang harus kusyukuri.
Terlalu banyak hal baik yang diberikan Allah disekitar ku.

Meski baru berumur 13 tahun, operasi ini memberikan warna indah pada hidupku. 
Aku benar benar bahagia karena Allah memilih ku untuk melalui ini.
3 Bulan di rumah sakit membuat ku cukup untuk mengerti apa itu perjuangan dalam hidup. 

Dan semenjak hari itu aku bersumpah dalam hati, next ga ada sedih sedihan, ga ada baper baperan.
Sedih cukup saat ini aja. Moment ini aja. 

I promise I will be Ayu that could bring a laugh and smile for the others. Yah meskipun malah jadi nya Ayu yang kadang kadang nyusahin orang orang. Tapi karena penyakit ku ini, aku banyak mengenal orang orang baik.
Orang orang yang mengerti. 


This Scoliosis trigger me to show the world, as a scolioser we just bent but not broken.
we are sure a titanium! 

Komentar